internet and network

Sejarah internet

 

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek lembaga ARPA yang mengembangkan jaringan yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX.

Tujuan awal ARPANET dibangun untuk keperluan militer, pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya,oleh karena itu ARPANET dibagi menjadi dua yaitu MILNET yang digunakan untuk keperluan militer dan ARPANET yang digunakan untuk keperluan non militer seperti universitas-universitas

1957 Uni Soviet (sekarang Rusia) meluncurkan wahana luar angkasa, Sputnik.
1958 Sebagai buntut dari “kekalahan” Amerika Serikat dalam

meluncurkan wahana luar angkasa, dibentuklah sebuah badan di dalam Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Advanced research project agents(ARPA), yang bertujuan agar Amerika Serikat mampu meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi negara tersebut. Salah satu sasarannya adalah teknologi komputer.

1962 J.C.R. Licklider

menulis sebuah tulisan mengenai sebuah visi di mana komputer-komputer dapat saling dihubungkan antara satu dengan lainnya secara global agar setiap komputer tersebut mampu menawarkan akses terhadap program dan juga data. Pada tahun ini juga RAND Corporation memulai riset terhadap ide ini (jaringan komputer terdistribusi), yang ditujukan untuk tujuan militer.

Awal 1960-an Teori mengenai Paket-switching dapat diimplementasikan dalam dunia nyata.
Pertengahan 1960-an ARPA mengembangkan ARPANET untuk mempromosikan “Cooperative Networking of Time-sharing Computers“, dengan hanya empat buah host komputer yang dapat dihubungkan hingga tahun 1969, yakni Stanford Research Institute, University of California, Los Angeles, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah.
1965 Istilah “Hypertext” dikeluarkan oleh Ted Nelson.
1968 Jaringan Tymnet dibuat.
1971 Anggota jaringan ARPANET bertambah menjadi 23 buah node

komputer, yang terdiri atas komputer-komputer untuk riset milik pemerintah Amerika Serikat dan universitas.

1972 Sebuah kelompok kerja yang disebut dengan International Network Working Group

(INWG) dibuat untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer dan juga membuat standar-standar untuk jaringan komputer, termasuk di antaranya adalah Internet. Pembicara pertama dari organisasi ini adalah Vint Cerf, yang kemudian disebut sebagai “Bapak Internet

1972-1974 Beberapa layanan basis data komersial seperti Dialog, SDC Orbit,

Lexis, The New York Times DataBank, dan lainnya, mendaftarkan dirinya

ke ARPANET melalui jaringan dial-up.

1973 ARPANET ke luar Amerika Serikat: pada tahun ini, anggota ARPANET

bertambah lagi dengan masuknya beberapa universitas di luar Amerika

Serikat yakni University College of London dari Inggris dan Royal Radar Establishment di Norwegia.

1974 Vint Cerf dan Bob Kahn mempublikasikan spesifikasi detail protokol Transmission Control Protocol (TCP) dalam artikel “A Protocol for Packet Network Interconnection“.
1974 Bolt, Beranet & Newman (BBN), pontraktor untuk ARPANET, membuka sebuah versi komersial dari ARPANET yang mereka sebut sebagai Telenet, yang merupakan layanan paket data publik pertama.
1977 Sudah ada 111 buah komputer yang telah terhubung ke ARPANET.
1978 Protokol TCP dipecah menjadi dua bagian, yakni Transmission Control Protocol dan Internet Protocol (TCP/IP)
1979 Grup diskusi Usenet pertama dibuat oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, alumni dari Duke University dan University of North Carolina Amerika Serikat. Setelah itu, penggunaan Usenet pun meningkat secara drastis.
Pada tahun ini pula, emoticon diusulkan oleh Kevin McKenzie.
Awal 1980-an Komputer pribadi (PC) mewabah, dan menjadi bagian dari banyak hidup manusia.
Tahun ini tercatat ARPANET telah memiliki anggota hingga 213 host yang terhubung.
Layanan BITNET (Because It’s Time Network) dimulai, dengan menyediakan layanan e-mail, mailing list, dan juga File Transfer Protocol (FTP).
CSNET (Computer Science Network) pun dibangun pada tahun ini oleh para ilmuwan dan pakar pada bidang ilmu komputer dari Purdue University,University of Washington, RAND Corporation, dan BBN, dengan dukungan dari National Science Foundation (NSF). Jaringan ini menyediakan layanan e-mail dan beberapa layanan lainnya kepada para ilmuwan tersebut tanpa harus mengakses ARPANET.
1982 Istilah “Internet” pertama kali digunakan, dan TCP/IP diadopsi sebagai protokol universal untuk jaringan tersebut.
Name server

mulai dikembangkan, sehingga mengizinkan para pengguna agar dapat terhubung kepada sebuah host tanpa harus mengetahui jalur pasti menuju hosttersebut.
Tahun ini tercatat ada lebih dari 1000 buah host yang tergabung ke Internet.

1986 Diperkenalkan sistem nama domain, yang sekarang dikenal dengan

DNS (Domain Name System) yang berfungsi untuk menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer.

Penjelasan tentang berbagai koneksi internet broadband

 

Koneksi internet broadbang ADSL dan SDSL

 

ADSL merupakan singkatan dari Asymmetric Digital Subscriber Line, yaitu suatu bentuk teknologi pada komunikasi data yang dapat mentransmisikan data dengan cepat yang tinggi melalui kabel tembaga telepon dan memiliki sifat asimetrik, sifat asimetrik maksudnya bahwa data ditransferkan dengan kecepatan berbeda dari satu sisi ke sisi lainnya.

SDSL (Symentric Digital Subscriber Line)SDSL mirip dengan ADSL, hanya berbeda dalam satu aspek, yaitu kecepatan upload. koneksi internet ,karena kecepatan uploadnya yang lebih besar maka biaya SDSL relative lebih mahal daripada ADSL,SDSL identik digunakan untuk kegiatan Bisnis

 

Koneksi internet broadband Wireless

Koneksi internet wireless/nirkabel(tanpa kabe) sudah menjadi kebutuhan sehari-hari saat ini koneksi ini sudah dipakai di laptop ,ponsel dan lain lain.  kecepatan  proses download yang disediakan oleh jenis akses  teknologi  ini berkisar 128 kbps sampai 2Mbps.

 

 

Koneksi kabel internet broadband

Internet dapat diakses melalui sambungan TV kabel. Koneksi kabel internet  broadband dibuat tersedia bersama dengan saluran TV kabel. Kabel koneksi internet  broadband menyediakan kecepatan mulai dari 2 Mbps sampai 8 Mbps. Sambungan secara luas digunakan di daerah perumahan di beberapa kota-kota besar. Hal ini lebih populer dibandingkan dengan koneksi internet ADSL, meskipun kecepatan download dan upload dari kedua jenis koneksi internet ini  adalah sama.

Koneksi internet broadband satellite

Semua bentuk koneksi internet broadband yang dijelaskan di atas memiliki keterbatasan daerah, yaitu daerah yang yang  kemungkinan menghalangi pancaran sinyal dari  menara seperti pada daerah perkotaan atau pegunungan.
Satelit koneksi internet broadband adalah solusi untuk masalah ini. Dalam jenis koneksi internet, yang geostasioner satelit menyediakan akses internet. Memerlukan parabola dan perangkat keras pendukung lainnya yang diperlukan untuk menerima sinyal. Kecepatan yang ditawarkan oleh koneksi internet satelit adalah 2 Mbps untuk download dan 1 Mbps untuk upload. Kecepatan ini lebih sedikit dibandingkan dengan jenis koneksi internet broadband dan cuaca mempengaruhi sinyal untuk sebagian besar.

Fiber optic broadband internet conection

Teknologi serat optik adalah teknologi yang relatif baru yang mengubah sinyal listrik ke sinyal cahaya. Sinyal ini ditransfer melalui kabel fiber optik. Ini adalah bentuk yang dapat diandalkan koneksi internet, tetapi dapat biaya perumahan penghalang bagi konsumen. Hari ini, berbagai bentuk Internet broadband menyediakan cakupan dan mobilitas terbatas pilihan. Teknologi ini berkembang dengan cepat untuk memenuhi persyaratan kecepatan dan kualitas layanan.

Tujuan dari ip dan hubungannya dengan domain

Ip address

Internet Protocol (IP) address adalah alamat numerik yang ditetapkan untuk sebuah komputer yang berpartisipasi dalam jaringan komputer yang memanfaatkan Internet Protocol untuk komunikasi antara node-nya. Internet Protocol juga memiliki tugas routing paket data antara jaringan, alamat IP dan menentukan lokasi dari node sumber dan node tujuan dalam topologi dari sistem routing. Untuk tujuan ini, beberapa bit pada alamat IP yang digunakan untuk menunjuk sebuah subnetwork. Jumlah bit ini ditunjukkan dalam notasi CIDR, yang ditambahkan ke alamat IP, misalnya, 208.77.188.166/24. Jadi, IP Addrees (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.

 

Domain address

Sejarah DNS (Domain Name System) Sebelum dipergunakannya DNS, jaringan komputer menggunakan HOSTS files yang berisi informasi dari nama komputer dan IP address-nya. Di Internet, file ini dikelola secara terpusat dan di setiap loaksi harus di copy versi terbaru dari HOSTS files, dari sini bisa dibayangkan betapa repotnya jika ada penambahan 1 komputer di jaringan, maka kita harus copy versi terbaru file ini ke setiap lokasi. Dengan makin meluasnya jaringan internet, hal ini makin merepotkan, akhirnya dibuatkan sebuah solusi dimana DNS di desain menggantikan fungsi HOSTS files, dengan kelebihan unlimited database size, dan performace yang baik. DNS adalah sebuah aplikasi services di Internet yang menerjemahkan sebuah domain name ke IP address. Sebagai contoh, www untuk penggunaan di Internet, lalu diketikan anama domain, misalnya: yahoo.com maka akan di petakan ke sebuah IP mis 202.68.0.134. Jadi DNS dapat dianalogikan pada pemakaian buku telepon, dimana orang yang kita kenal berdasarkan nama untuk menghubunginya kita harus memutar nomor telepon di pesawat telepon. Sama persis, host komputer mengirimkan queries berupa nama komputer dan domain name server ke DNS, lalu oleh DNS dipetakan ke IP address

 

Jadi kesimpulannya tujuan dari adanya domain adalah untuk mempermudah pengguna ke alamat ip dengan domain address,karena alamat ip hanya berisi angka-angka

Fitur dari web browser

  • Active content digunakan untuk meningkatkan functionality atau menambah kemudahan disain dimana halaman web didasarkan pada scripts yang mengeksekusi program pada web browser. Scripts inilah yang sering digunakan untuk download atau mengeksekusi kode-kode/script yang beresiko pada komputer pengguna. Tidak selalu JavaScript dan and active content berbahaya meskipun merupakan cara yang umum digunakan oleh penyusup. Sementara itu cookies mungkin sekali mengkoleksi dan menyimpan informasi selama pengguna menjelajahi internet
  • Session cookies menyimpan informasi selama pengguna menggunakan browser.
  • Bookmark manager merupakan petunjuk kesuatu URL dan hampir semua web browser mendukung fitur ini. Mempermudah dalam melakukan katalog dan akses pada suatu halaman web yang telah atau akan dikunjungi tanpa harusmengingat URL-nya
  • Fasilitas Caching dari isi halaman web memungkinkan misalnya halaman web dan gambarnya dengan tujuan untuk mereduksi penggunaan bandwidth, mengurangi kesibukan web server, mencegah terjadinya lag. Browser mendukung berbagai tipe media melalui plugin seperti Macromedia Flash dan QuickTime

Fitur autocompletion pada pengisian alamat URL dan pengisian data pada form form data merupakan fitur yang disediakan oleh banyak text editors, word processor, dan tentunya web browser. Fitur ini mempunyai kemampuan memprediksi kata atau frase yang mungkin akan diketikan oleh user tanpa user harus mengetik secara lengkap

  • Tabbed document interface (TDI) merupakan fitur yang banyak dijumpai pada perangkat lunak berbasis grafis (graphical user interfaces (GUI)), sebuah TDI memungkinkan beberapa dokument ditampilkan pada satu jendela, dan menggunakan tab sebagai alat navigasi. Kemampuan web browser dalam menanggulangi iklan pop-up yang sering muncul jika kita membuka jendela baru, juga perlu dipertimbangkan. Selain itu adakah kemampuan advert filtering yaitu kemampuan untuk mencegah munculnya isi yang bersifat iklan pada suatu halaman web? Atau adakah kemampuan mencegah phishing yaitu kegiatan kriminal yang umumnya berusaha menumpulkan informasi penting dan sensitive misal password atau nomor kartu kredit. Kebanyakan phishing dilakukan menggunakan email atau instant message
  1. DOMAIN

Domain adalah alamat sebuah website yang digunakan untuk mengakses sebuah website dengan cara mengetikkannya di browser yang ada di perangkat Anda yang terkoneksi ke internet. Contoh domain adalah www.kompasiana.com. Contoh domain punya saya adalah www.pangeranaditya.com. Masih sangat banyak lagi contoh domain lainnya yang saya yakin Anda banyak tahu soal ini. Ekstensi belakang domain bukan hanya .com. Ada juga .net, .org, .biz, .info, .asia, .tv, .in, .us, .co.id, .web.id, .co.uk, .xxx dll masih teramat sangat banyak lagi ekstensi domain yang lainnya. Domain sifatnya sewa minimal satu tahun dengan harga puluhan ribu hingga ratusan ribu Rupiah tergantung dari ekstensi domain yang dipilih. Ada satu hukum alam dalam penyewaan domain yaitu siapa cepat dia dapat. Contoh domain www.kompasiana.com kan sudah dimiliki Kompas, maka Anda tidak bisa menyewanya kecuali kalau suatu saat nanti domain ini tidak diperpanjang masa sewanya. Bagi para pengusaha domain, hal seperti ini adalah potensi bisnis yang bagus untuk mereka karena biasanya mereka mengambil dulu domain-domain yang diperkirakan banyak peminatnya lalu mereka menjual domain tersebut dengan harga yang tinggi. Ada yang menyewakannya lagi sampai dengan harga jutaan bahkan puluhan juta Rupiah tergantung dari kemungkinan jumlah peminatnya ataupun kemungkinan strata ekonomi peminatnya. Kita bisa menyewa domain dari pihak-pihak yang menyewakannya dan biasanya adalah perusahaan-perusahaan hosting. Biasanya juga mereka mempunyai website promosinya dan di website-nya tersebut tersedia fasilitas untuk mengecek

ketersediaan domain yang ingin kita pesan. Cara pemesanan dan pembayarannya pun mudah. Bisa via transfer bank, menggunakan Paypal, kartu kredit dll. Aktifnya pun paling lambat umumnya 1X24 jam setelah pembayaran.

  1. HOSTING

Hosting adalah tempat dimana data-data website disimpan, di-online-kan dan diolah oleh pengelola website. Saya ibaratkan hosting ini ibarat satu ruangan di sebuah gedung apartemen atau gedung perkantoran. Hosting menjadi tempat tinggal ataupun kantor kita di dunia online(internet). Yang banyak dipakai orang saat ini rata-rata disebut dengan Shared Hosting. Perusahaan-perusahaan hosting menyediakan paket hosting sekaligus harganya masing-masing yang bervariasi tergantung dari Disk Space (Kapasitas Disk), Monthly Bandwidth (Data Transfer Bulanan) dan fasilitas-fasilitas juga fitur-fitur lainnya. Umumnya, pembayaran hosting yang pada dasarnya sifatnya pun sewa ada yang bulanan atau tahunan. Gambaran dari saya, Rp100.000,00 per tahun untuk domain dan Rp100.000,00 per bulan untuk hosting sudah cukup bagi kita untuk mempunyai website yang siap menerima kunjungan dari banyak pengunjung. Biasanya hosting yang kita pesan akan diaktifkan paling lambat 1X24 jam oleh perusahaan hosting setelah kita melakukan pembayaran dan konfirmasi pembayaran. Untuk menemukan banyak pilihan perusahaan hosting, Anda bisa mencarinya di Search Engine(Mesin Pencari) Google dengan mengetikkan kata kunci “hosting”. Domain yang sebelumnya juga telah Anda sewa, NS(Name Server)-nya akan diarahkan ke NS yang digunakan oleh perusahaan hosting. Contohnya adalah ns1.namaperusahaanhosting.com dan ns2.namaperusahaanhosting.com. Biasanya kita mendapatkan client area dari perusahaan hosting yang bisa kita akses untuk melakukan setting(pengaturan) untuk hal ini. Bila Anda tidak paham hal ini, jangan segan untuk menanyakan atau minta bantuan kepada tim pelayanan dari perusahaan hosting tersebut. Ketika hosting Anda telah aktif, maka Anda mendapatkan akses ke cPanel(Control Panel) hosting website dari perusahaan hosting.

III. SERVER

Server adalah tempat dimana terdapat banyak hosting website diletakkan di dalamnya. Server ini ibarat gedung apartemen ataupun gedung perkantoran. Server sebenarnya sama saja dengan komputer desktop yang biasa dipakai di rumah-rumah ataupun kantor-kantor. Bedanya, server digunakan untuk menyimpan dan meng-online-kan data-data banyak hosting website yang ada di dalamnya sehingga server pun diletakkan di data center untuk dihubungkan ke seluruh dunia. Jadi pada saat Anda sedang mengakses suatu website, maka perangkat Anda sedang terkoneksi dengan server dimana website tersebut di-hosting-kan. Server biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan hosting dan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan sumber daya besar karena sangat banyaknya data juga pengunjung website. Seperti Kompas, mempunyai server-server sendiri milik perusahaan yang jumlahnya banyak dan diletakkan di data center. Apalagi perusahaan-perusahaan Search Engine semacam Google, Yahoo dan Bing juga perusahaan-perusahaan Social Networking (Jejaring Sosial) seperti Facebook dan Twitter. Jenis server dari segi kemampuan atau pelayanannya terdiri dari VPS(Virtual Private Server), Dedicated Server dan Coolocation Server. VPS(Virtual Private Server) saya ibaratkan dengan satu lantai dari keseluruhan gedung apartemen atau perkantoran yang tentunya teramat sangat jauh lebih besar sumber dayanya dibandingkan Shared Hosting. Dedicated Server adalah penyewaan unit server yang saya ibaratkan langsung menyewa satu gedung apartemen atau perkantoran. Coolocation Server adalah penitipan server milik sendiri ke data center. Harga sewanya bervariasi. Untuk VPS(Virtual Private Server) biasanya mulai ratusan ribu hingga

jutaan Rupiah bulanan. Untuk Dedicated Server biasanya jutaan Rupiah. Untuk harga beli server sendiri mulai jutaan hingga puluhan juta Rupiah. Semuanya tergantung dari kualitas server-nya sendiri dengan kemampuan, fasilitas serta fitur-fitur yang tersedia. Kalau seperti Google, Yahoo, Bing, Facebook dan Twitter, mereka masing-masing sudah mempunyai sangat banyak server yang diletakkannya di data centernya masing-masing juga punya sendiri. Kalau kita mempunyai server sendiri lalu kita ingin menggunakan Coolocation Server dengan menitipkannya di data center, umumnya biaya bulanannya jutaan Rupiah per bulan. Bila Anda hanya ingin website untuk blog pribadi, website bisnis kecil hingga menengah, tentu Anda tak memerlukan server karena Shared Hosting saja sudah cukup.

IV. DATA CENTER

Data Center adalah tempat dimana banyak server diletakkan dan di-online-kan di dalamnya ke seluruh dunia. Data Center dilengkapi dengan teknologi yang sangat canggih seperti sarana pengaturan hawa udara juga penyaluran listrik karena server-server yang ada di dalamnya harus dipastikan online 24 jam penuh tanpa henti agar website-website yang tergabung di dalamnya mampu diakses kapanpun juga dimanapun oleh para pengunjungnya yang menggunakan perangkatnya masing-masing yang terkoneksi ke internet. Selain itu, keamanannya pun sangat ketat karena tak sembarangan orang bisa masuk untuk mengantisipasi sabotase server. Contoh Data Center yang ada di Jakarta adalah di Gedung Cyber dan Gedung Tifa Kuningan. Ada juga di IDC Duren Tiga.

  1. CPANEL

cPanel(Control Panel) adalah panel kontrol hosting sebuah website. cPanel ibarat software yang bisa dipergunakan secara online. Di dalamnya juga terdapat webmail untuk membuat akun e-mail dengan nama domain Anda sendiri misalnya mail@namadomainanda.com. Anda juga bisa meng-upload(mengunggah) ataupun men-download(mengunduh) files atau folders untuk website di cPanel. Di cPanel, Anda juga bisa meng-instalasi(memasang) CMS(Content Management System) untuk mengelola data-data website Anda secara mudah tanpa Anda harus mempunyai kemampuan ataupun pemahaman tentang HTML, PHP dll yang bagi pemula tentu cukup memusingkan. Umumnya, pengguna pemula cPanel kebingungan melihat banyaknya fitur dan merasa kesulitan, namun sesungguhnya tak sesulit yang dibayangkan. Tidak semua fitur yang ada harus digunakan. Hanya beberapa saja yang penting dan sekarang sudah banyak beredar buku-buku yang mengajarkan cara penggunaannya di toko-toko buku seperti Gramedia dll. Di internet pun banyak website ataupun blog yang membahas cara-cara penggunaan cPanel.

  1. CMS

CMS(Content Management System) adalah software online untuk memasukkan, mengelola dan mengembangkan data-data online website dengan cara penggunaan yang sangat mudah dimana tujuan dari diciptakannya CMS ini memang adalah untuk memudahkan kita-kita yang belum memahami kode-kode HTML, PHP dll yang bagi pemula tentu sangat rumit. Yang penting sudah bisa main internet walaupun baru sekedar di Google, Yahoo, Bing, Facebook dan Twitter, sudah dasar yang cukup untuk menggunakan CMS. Apalagi bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan Microsoft Word, Excel dll termasuk biasa membuat artikel di sini, menjadi lebih mudah. CMS bisa di-install secara otomatis melalui cPanel menggunakan software online Fantastico De Luxe atau Softaculous. Bisa juga dipasang secara manual melalui File Manager di cPanel. Ada dua CMS yang terkenal dan paling banyak digunakan yaitu Joomla juga WordPress. Namun kalau saya pribadi lebih senang menggunakan CMS WordPress yang lebih simpel dan mudah digunakan.
Untuk mempermudah pencarian di web browser:

-definisikan file

Missal kalian ingin mencari gambar invoker menggunakan google chrome maka gunakan google gambar supaya lebih mudah

-menggunakan kata kunci pencarian

Jangan menggunakan kata umum jadi semisal kalian ingin mencari informasi tentang sepeda gunung di web browser,jangan hanya mencari dengan ”sepeda” tapi akan muncul jenis-jenis sepeda yang lain seperta sepeda balap,fixie,dll.gunakanlah pencarian dengan “sepeda gunung”dengan begitu akan mempermudah kalian mencari informasi tentang  hal tersebut

-menggunakan operator logika dalam pencarian
Kita juga dapat menggunakan operator + saat melakukan pencarian informasi. misalnya ingin mencari informasi tentang Suku Dayak maka kita dapat menuliskannya sebagai berikut: “Suku + Dayak”.

untuk lebih mudahnya lihat contoh berikut :

– Misalnya mencari file bertipe Pdf

– misalnya, kata kunci yang kita gunakan ” Organisasi Komputer ”

Maka cara termudah dalam mengetikkan kata kunci adalah = ” Organisasi Komputer ” Pdf.

catatan :

– Tanda + dapat berarti kata “Dan”

– Tanda   dapat berarti Kata “Kecuali”

 

Dampak positif dan negative dalam menggunakan jejaring sosial

DAMPAK POSITIF

  1. Media Bersifat gratis
  2. Memudahkan kita membentuk jaringan sosial, mulai dari teman lama, teman saat ini sampai pada teman baru.
  3. Memudahkan untuk berkomunikasi satu teman dengan teman yang lain baik secara real time ataupun offline.
  4. Harus Diakui bagi seorang seorang pemula dan remaja media ini sangat membantu dan mendidik terutama dalam mengenal dan mengawali dunia internet.
  5. Bisa dimanfaatkan untuk media promosi/iklan dan pemberitahuan secara uptodate.
  6. dan manfaat hiburan lainnya seperti komunitas, kuis, game dll yang bisa menambah pengetahuan kita tentang teknologi maupun hal umum

DAMPAK NEGATIF

  1. Menimbulkan ketergantungan.
  2. Dengan fasilitas yang beragam yang disediakan media tersebut, secara tidak langsung kita dituntut untuk meluangkan waktu bahkan terkadang secara tidak sadar menghabiskan banyak waktu dengan menjadikannya prioritas utama.
  3. Menciptakan dunia maya yang terkadang lebih mendoninasi daripada dunia nyata.
  4. Dengan menggap kebebasan berpendapat dan berekpresi dalam Media sosial, menjadikannya media tersebut seperti privasi padahal apa yang kita informasikan bisa dilihat oleh orang lain maupun orang yang telah ada dalam daftar pertemanan kita padahal tidak kita tidak bisa menjamin orang orang tersebut sebaik yang kita inginkan.
  5. Pandangan yang sebelumnya, “memanfaatkan” media tersebut, secara berlahan lahan akan berbalik kita yang “dimanfaatkan” oleh media tersebut karena media tersebut kebanyakan bergerak di dunia iklan

 

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet

http://jaringankomputer.org/internet-broadband-pengertian-dan-jenis-jenis-koneksi-internet-broadband/

https://inconcept.wordpress.com/2010/02/05/apa-yang-dimaksud-dengan-koneksi-internet-broadband/

http://dhableg.blogspot.co.id/2011/10/pengertian-ip-address-dan-domain-name.html

http://teoriinternett.blogspot.co.id/2013/02/pengertian-jenis-jenis-browser-dan.html

http://www.kompasiana.com/pangeranaditya/komponen-website-domain-hosting-server-data-center-c-panel-cms_551a2d03813311dc7e9de107

http://yulianus-putra.blogspot.co.id/2012/02/cara-efektif-mencari-informasi-pada-web.html

https://mazkoez.wordpress.com/2010/01/05/manfaat-dan-kerugian-media-jaringan-sosial/

 

 

 

 

 

 

This entry was posted on Monday, August 22nd, 2016 at 2:08 pm and is filed under Uncategorized. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply