Sistem Informasi Keuangan

Mirna Kusumawati (16/401040/SV/11544)
Muhammad Irsyad Kamil (16/401037/SV/11541)

Penjelasan

Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen
Sistem Informasi Keuangan adalah sistem informasi yang memberikan informasi kepada orang atau kelompok baik di dalam perusahaan maupun di luar perusahaan mengenai masalah keuanganan & menyediakan informasi mengenai arus uang bagi para pemakai diseluruh perusahaan
SDLC
System Development Lyfe Cycle (SDLC) adalah keseluruhan proses dalam membangun sistem melalui beberapa langkah. Ada beberapa model SDLC. Model yang cukup populer dan banyak digunakan adalah waterfall. Beberapa model lain SDLC misalnya fountain, spiral, rapid, prototyping, incremental, build & fix, dan synchronize & stabilize.
Kegunaan SDLC
Kegunaan utama dari SDLC adalah mengakomodasi beberapa kebutuhan yang berasal dari kebutuhan pengguna akhir dan juga pengadaan perbaikan sejumlah masalah yang terkait dengan pengembangan perangkat lunak.

developmentcycle

PLANNING
Planning adalah sebuah proses dasar untuk memahami mengapa sebuah sistem itu harus dibangun, dan pada fase ini memang diperlukan analisa kelayakan dengan mencari data atau melakukan proses information gathering kepada para pengguna.
Apa saja yang dibutuhkan dalam tahap planning untuk sistem informasi keuangan?
Menentukan tujuan sistem
Menentukan prioritas kebutuhan proyek
Menentukan target yang akan dituju
Mencari referensi/sumber
Pembangunan tim

TUJUAN

Tujuan sistem informasi keuangan yaitu untuk mempermudah dalam pengelolaan keuangan khususnya dalam lingkup koperasi.
PRIORITAS
Mencari data semua karyawan yang bekerja.
Melihat barang yang masuk dan barang yang keluar
Menentukan harga semua barang

TARGET
Software dapat digunakan untuk mengolah data karyawan
Software dapat mengolah barang yang masuk dan barang yang keluar
Software dapat menghitung harga tiap barang, laba, dan modal.

REFERENSI
•Koperasi Mahasiswa
•Internet
•Buku
•TIM
•Project manager
•System analyst
•Database designer
•Interface designer
•Programmer
•dokumentasi system
•Tester
•Teknisi

ANALYSIS
Analisis sistem adalah sebuah proses investigasi terhadap sistem yang sedang berjalan dengan tujuan untuk mendapatkan jawaban mengenai pengguna sistem, cara kerja sistem dan waktu penggunaan sistem.
Apa saja yang dilakukan dalam tahap ini?
Melakukan investigasi awal
Mendefinisikan Kebutuhan Informasi
Mempelajari sistem yang akan dibuat

INVESTIGASI
Pada investigasi awal yaitu menganalisa data-data yang akan digunakan dalam sistem informasi keuangan.
Mencari tahu bahwa data yang diisikan apakah sudah benar atau belum.
KEBUTUHAN INFORMASI
Analis mempelajari kebutuhan informasi pemakai dengan terlibat dalam berbagai kegiatan pengumpulan informasi (wawancara, pemgamatan, pencarian catatan, dan survei).
SISTEM
Menentukan sistem yang akan dipakai untuk sistem informasi keuangan.
Melihat kelebihan dan kekurangan sistem tersebut.
Misalnya menggunakan Microsoft Acces, harus mengetahui kelebihan dan kekurangannya.
Lebih direkomendasikan menggunakan sistem yang mempunyai banyak kelebihan.

DESIGN
Desain berkonsentrasi pada bagaimana sistem dibangun untuk memenuhi kebutuhan pada fase analisis. Manfaat desain sistem adalah memberikan gambaran rancang bangun (blue print) yang lengkap, sebagai penuntun (guideline) bagi programmer dalam membuat aplikasi. Rancangan sistem adalah penentuan proses dan data yang diperlukan oleh sistem baru. Untuk sistem berbasis komputer biasanyadalam rancangan ada spesifikasi jenis peralatan yang akan digunakan.
Yang dibutuhkan dalam tahap design:
Hardware: terdiri dari komponen input, proses, output, dan jaringan
Software: terdiri dari sistem operasi, utilitas, dan aplikasi
Data: mencakup struktur data, keamanan dan integritas data
Prosedur: seperti dokumentasi, prosedur sistem, buku petunjuk operasional dan teknis

IMPLEMENTATION
Implementasi sistem adalah proses pembangunan dan pengujian sistem, instalasi sistem, dan rencana dukungan sistem.
Apa saja yang dilakukan dalam tahap ini?
Penulisan program dan instalasi
Desain review
Menguji sistem
Contoh Database Sistem Informasi Keuangan:
gambar5

MAINTENANCE
Dalam tahap ini, audit memimpin pelaksanaannya untuk menjamin bahwa sistem benar-benar dikerjakan, dan pemeliharaannya pun dilakukan sehingga sistem dapat menyediakan kebutuhan yang diinginkan. Maintenance bertujuan untuk memastikan bahwa sistem yang digunakan oleh pihak pengguna benar–benartelah stabil dan terbebas dari error dan bug.
Apa saja yang dilakukan dalam tahap ini?
Menjalankan aktivitas perawatan sistem
Memeriksa keamanan system
Model Sistem Informasi Keuangan
model-sia
Daftar Pustaka
SIKLUS HIDUP PENGEMBANGAN SISTEM (SDLC) SEBAGAI METODE PENGEMBANGAN SIM
http://ryswan-ilmualamiahdasar.blogspot.co.id/2012/12/sistem-informasi-keuangan.html

This entry was posted on Friday, November 11th, 2016 at 8:13 pm and is filed under Uncategorized. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply