digital security risk

Saat ini merupakan era digital, era dimana semua proses serta penyimpanan data dilakukan secara digital. Ini merupakan sebuah kemajuan yang sangat menguntungkan bagi peradaban manusia, kita tidak perlu lagi susah – susah mencari informasi yang kita inginkan dalam sebuah tumpukan data karena semua informasi yang kita perlukan sudah tersedia pada media penyimpanan digital, mulai dari offline storage hingga online storage. Untuk memanggil data tersebut kita hanya perlu menggunakan fitur search yang telah disediakan dan dalam waktu singkat informasi yang kita inginkan sudah tersedia sehingga waktu yang digunakan bisa lebih efisien. Tapi tahukah kalian bahwa digital storage memiliki resiko?

Digital Security Risk atau resiko keamanan digital (komputer) adalah semua kejadian atau kegiatan yang dapat menyebabkan kehilangan atau kerusakan pada hardware komputer, software, data, informasi atau kemampuan memperosesnya. Banyak dari kita yang telah memanfaatkan penyimpanan digital, tetapi kebanyakan dari kita belum memahami adanya resiko dari penyimpanan tersebut. Oleh karena itu kita harus paham apa saja resiko dari penyimpanan digital serta bagaimana mengantisipasinya.

Semua tindakan illegal yang berhubungan dengan komputer umumnya disebut computer crime atau kejahatan komputer. Istilah cybercrime menunjuk kepada perbuatan illegal yang berdasarkan pada internet. Software yang digunakan untuk kejahatan di internet dinamakan cyberware.

Di internet ada beberapa sebutan bagi orang-orang yang melakukan peretasan terhadapa sistem keamanan. Diantaranya adalah :

Pengertian dan Jenis-Jenis Hacker – Hacker ialah Seseorang yang memiliki Keahlian berkaitan dengan sistem komputer dan pemrograman. Programmer istilah sendiri mengalami perkembangan pengertian dan definisi. Kata “hacker” mulai muncul di akhir tahun 1950-a, merujuk pada pengembang para mahir. Kemudian di Tahun 1970-an, istilah hacker digunakan untuk menggambarkan para revolusioner komputer yang menjadi cikal-bakal para pendiri perusahaan komputer. Akhir Tahun 1980-a, hacker kata identik dengan pembajakan fitur pengalihan dengan menghilangkan proteksi dan menjualnya. dan sebelumnya saat ini banyak yang mengartikan negatif bahwa hacker ialah seseorang yang menerobos sistem komputer guna mengumpulkan informasi, akses menolak, berkas cara menghapus atau cara mengacaukan sistem komputer.

Pengertian negatif dari hacker tidaklah sepenuhnya benar, meskipun memang ada jenis hacker yang aksinya melakukan hal-hal demikian. Hacker jenis ini sering disebut sebagai chacker. Hacker Banyak Yang aktivitasnya ialah mengamankan sistem komputer agar tidak mudah disusupi dari program-program Jahat. Agar anda tidak terlalu menganggap negatif istilah hacker, ada baiknya anda mengenal beberapa jenis hacker yang ada sebelumnya saat ini.

Jenis-Jenis Hacker

Hacker dibedakan menjadi beberapa bagian, yaitu antara lain sebagai berikut:

1. White Hat Hacker

White Hat Hacker ialah hacker yang memegang teguh standar etika, akses ke sistem komputer dilakukan bukan untuk tujuan yang merugikan, tetapi untuk menguji ketahanan sistem tersebut. Jadi, hacker jenis ini senang mempelajari sebuah jaringan sistem, bahkan banyak dari mereka yang disewa sebagai konsultan keamanan. White Hat Hacker inilah ialah hacker yang sebenarnya.jadi itulah kenapa “white” karena white diidentikan bukan dengan kejahatan

2. Black Hat Hacker

Black Hat Hacker ialah jenis hacker yang aktivitasnya menerobos sistem keamanan komputer untuk melakukan kerusakan, seperti: cara menghapus berkas, identitas pencurian, penipuan kartu kredit dan berbagi aktvitas lainnya yang merugikan. Hacker jenis ini disebut juga sebagai chacker.

3. Grey Hat Hacker

Grey Hat Hacker ialah seseorang yang menganut standar etika ganda dalam melaksanakan hackingnya. Sekali Waktu hacker mungkin ini menjunjung etika hacker, namun di waktu yang lain aktivitasnya melanggar batas-batas hukum. Jadi, Kelompok hacker ini berada di hacker topi antara white dan black hat hacker.

4. Script Kiddie Hacker

Script Kiddie Hacker ialah seseorang yang tidak mahir dengan sistem komputer, namun seseorang ini mampu menerobos sebuah sistem komputer dengan menggunakan perangkat lunak atau yang dibuat orang lain.karena itu lah “kiddie” kekanak2an,hanya ingin terkenal saja,apa untungnya coba

5. Hacktivist Hacker

Hacktivist Hacker ialah jenis hacker yang menggunakan kemampuannya untuk menyebarkan pesan-pesan tertentu, seperti (politik, agama, ideologi, dll). Mereka melakukan kerusakan situs untuk menampilkan pesan mereka di situs korban.

tetapi ada cara sendiri untuk mengakali para hacker tersebut,diantaranya adalah:

1. Penempatan Antena yang Strategis :

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah posisi jalur akses antena harus di letakkan di tempat yang membatasi jangkauan sinyal agar tidak  melangkah lebih jauh dari area yang dibutuhkan. Anda tidak perlu menempatkan antena dekat jendela kaca karena tidak akan dapat menghambat sinyal tersebut. Tempatkan antena di satu lokasi pusat gedung.

2. Gunakan WEP:

WEP adalah singkatan dari protokol Wireless enkripsi. Ini adalah alat teknik untuk mengenkripsi lalu lintas di jaringan nirkabel. Anda tidak boleh melewatkannya yang akan memungkinkan hacker untuk mendapatkan akses instan lalu lintas melalui jaringan nirkabel anda.

3. Mengubah SSID, menonaktifkan SSID:

SSID adalah singkatan dari service set identifier. Itu adalah jalur yang digunakan untuk pengakuan oleh titik akses nirkabel agar pelanggan mampu untuk melakukan sambungan. Untuk setiap titik akses nirkabel diatur, pilih eksklusif serta SSID yang unik. Juga, jika itu dicapai, menahan siaran SSID yang di atas antena. Ini muncul dalam daftar jaringan yang ditawarkan, sementara mampu memberikan pelayanan seperti biasa.

4. Nonaktifkan DHCP :

Dengan cara ini, hacker akan bekerja keras untuk memecahkan parameter TCP/IP, subnet mask serta alamat IP untuk menghack jaringan nirkabel Anda.

5. Menonaktifkan atau memodifikasi pengaturan SNMP:

Mengubah setting serta pengaturan SNMP untuk pengguna jaringan. Anda juga dapat menonaktifkannya. Jika tidak para hacker akan dapat menggunakan SNMP untuk mendapatkan info yang signifikan tentang jaringan nirkabel Anda.

6. Memanfaatkan daftar akses :

Untuk keamanan tambahan pada jaringan nirkabel Anda, dan jika jalur akses Anda mendukung fitur ini, gunakan daftar akses. Daftar akses memungkinkan kita menentukan dengan tepat mesin yang diperkenankan untuk lampiran ke salah satu jalur akses. Jalur akses yang termasuk daftar akses dapat menggunakan protokol file transfer sederhana (TFTP) saat ini dan seterusnya dalam rangka untuk men-download daftar diperbaharui untuk menghindari para hacker.

selain hacker dan teman temannya ada juga virus yang bisa berasal dari internet dan dapat membahayakan komputer kita,tapi apa itu virus?

Virus komputer adalah program yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri, dan kemudian menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Istilah virus dalam komputer dapat juga di analogikan dengan virus biologis yang sifatnya menyebarkan diri dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel mahluk hidup.

Tentu saja dengan adanya virus akan dapat merusak atau menggangu, misalnya dengan merusak data pada dokumen, memperboros ruang memori penyimpanan, hingga memberikan efek buruk pada perangkat keras.

jenis jenis virus juga bermacam macam,diantaranya adalah:

1.Worm

Worm bekerja dengan menduplikat dirinya sendiri pada hardisk. Dan ini membuat memori hardisk menjadi penuh akan file yang terinfeksi virus worm.

2.Trojan

Virus dengan jenis Trojan akan mengambil data pada komputer yang telah berhasil di infeksi dan kemudian mengirimkannya pada pembuat Trojan itu sendiri.

3.Backdoor

Jenis virus ini hampir sama dengan Trojan, namun Backdoor biasanya menyerupai file yang baik-baik saja, misalnya seperti game.

4.Spyware

Spyware di buat untuk memantau komputer yang terinfeksi, kemudian hasilnya akan di kirimkan pada si pembuat spyware itu sendiri.

5.Rogue

Jenis ini merupakan program yang meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layakanya antivirus normal, dan biasanya akan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus yang menginfeksi sistim.

Tujuannya tak lain untuk menakut-nakuti atau memperdaya pengguna agar membeli dan mengaktivasi program antivirus  palsu tersebut dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue.

Kejadian seperti ini sangat sering di alami pengguna komputer, bagi pengguna awam yang kurang paham bisa saja tertipu dengan program  tersebut, hingga mereka mau membeli atau mengaktivasi antivirus fake tersebut. Efeknya tentu saja kerugian finansial bagi korban.

6.Rootkit

Merupakan virus yang bekerja menyerupai kerja sistim komputer yang biasa saja.

7 Polymorphic virus

Virus jenis ini gemar berubah-ubah agar tidak dapat terdeteksi sistim dan antivirus.

8. Metamorphic virus

Virus ini mampu mengubah pengkodeannya sendiri agar tidak dapat terdeteksi.

9. Virus ponsel

Merupakan virus yang di cipatakan berjalan di telepon seluler dan mampu menimbulakn berbagai efek, mulai dari merusak sistim telepon seluler, mencuri data, hingga membuat panggilan-panggilan diam-diam dan menghabiskan pulsa pengguna telepon seluler.

sumber:

http://www.pendidikanmu.com/2015/05/pengertian-dan-jenis-jenis-hacker.html

Pengertian Virus Komputer Dan Jenisnya

Cara Mengamankan Jaringan Wireles dari Hacker

This entry was posted on Sunday, September 18th, 2016 at 10:14 am and is filed under Uncategorized. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply